Metro

GOW Kota Metro Apresiasi IKWI Dalam Upaya Pencegahan Stunting

METRO (SL) – Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Metro mengapresiasi peran serta Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) dalam upaya pencegahan stunting di Bumi Sai Wawai. GOW menilai IKWI dibawah naungan organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) telah berperan aktif dalam membantu terwujudnya program-program pemerintah.

Demikian disampaikan Ketua GOW Kota Metro, Asih Kusminah saat menerima kunjungan IKWI Kota Metro di rumah dinas Wakil Waikota Metro, Selasa (28/6). Diakuinya, IKWI yang merupakan bagian dari GOW telah berperan aktif mendukung program pemerintah. Ini seperti dalam upaya pencegahan stunting dan mewujudkan Metro Bangga Beli (MB2).

“Seperti kegiatan pelatihan pembuatan konektor dan batik ciprat yang diikuti oleh IKWI. Harapannya teman-teman IKWI bisa memproduksi, sehingga dapat menambah ekonomi keluarga. Karena kalau ekonominya baik maka insyaallah stunting nol. Saya senang dan bangga dengan IKWI yang bisa mendukung program-program GOW dalam membantu terwujudnya program pemerintah,” tuturnya.

Menurutnya, dalam mendukung program pemerintah khususnya penurunan angka stunting, GOW telah menjadwalkan untuk setiap organisasi bisa menjadi ibu asuh di Posyandu. Kegiatan ini akan dilaksanakan secara berkelanjutan.

“Alhamdulillah, kemarin yang menjadi pemecah telurnya Aisyah. Harapannya untuk temen-temen GOW lainnya bisa mengikutinya. Dengan program yang dilaksanakan ini diharapkan dapat mewujudkan Generasi Emas Metro Cemerlang (Cemerlang) dan Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu (Jamapai),” katanya.

Ia menjelaskan, dalam program Jamapai terdapat 7 pilar yang salah satunya diawali dengan pencegahan stunting. Yakni dimulai oleh Calon Pengantin (Catin). Karenanya sebelum menikah catin harus sehat dulu.

“Apalagi catin nanti akan melahirkan generasi yang sehat. Nah kalau dari situ sudah sehat insyaallah dengan kita bimbing terus di masa pendidikan, ditambah pemberian gizi yang sehat, maka di tahun 2045 nanti anak-anak Kota Metro siap memasuki masa globalisasi,” paparnya.

Sementara itu, Ketua IKWI Kota Metro Eni Idayati mengaku siap mendukung program GOW dan Pemerintah Kota Metro. IKWI juga siap bersinergi dalam upaya pencegahan stunting di Bumi Sai Wawai.

“Dalam pencegahan stunting ini kami telah melakukan beberapa kegiatan. Salah satunya dengan pemberian makanan tambahan untuk anak stunting di Metro,” ujarnya.

Ia menjelaskan, untuk penyaluran bantuan makanan tambahan tersebut juga telah dilaksanakan. Kegiatan ini juga digelar dalam rangkaian memperingati hari ulang tahun (HUT) IKWI ke-61.

“Kegiatan ini selaras dengan program pemerintah dan IKWI pusat dalam upaya pencegahan stunting. Rencananya kegiatan ini akan digelar serentak di seluruh kabupaten/kota se-Indonesia,” paparnya.(*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *