Lampung Timur

Bupati Lamtim Hadiri Acara Ikrar Kembali Ke NKRI dan PANCASILA

Lamtim SL — Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo Mengatakan, Sebagai Dasar dan Ideologi Negara serta pandangan hidup Bangsa Indonesia Pancasila harus ditegakkan dan diamalkan dalam berbagai sendi kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara sehingga ikrar terhadap Pancasila dan NKRI diperlukan untuk menekankan nilai integritas etos kerja dan gotong royong serta bersih dari unsur-unsur yang mengancam Ideologi Negara.

Kata Dawam, saat acara Ikrar Kembali Ke NKRI dan PANCASILA sebagai Dasar Negara bagi Anggota Jama’ah Khilafatul Muslimin, acara yang berlangsung di Aula Utama Setdakab Lampung Timur, senin (04/07/2022).

Dikatakannya, perlu dipahami bersama, bahwa kegiatan ini di latar belakangi oleh beberapa kondisi, diantaranya Fenomena kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Indonesia, yang mengalami suatu pergeseran, atau perubahan yang signifikan di semua sendi kehidupan, adanya paham radikalisme.

Serta hilangnya nilai-nilai religius dari Budaya Bangsa, yang ditandai dengan keinginan yang serba instan, tidak sabar, pragmatis, materialistis, individualis, sampai pada tingkat krisis kemanusiaan. Ungkapnya.

Selain hal tersebut lanjutnya, pengaruh radikalisme telah mengakibatkan terjadinya berbagai konflik, yang mengancam persatuan dan kesatuan Bangsa, serta berkembangnya sikap primordialisme sempit, kesukuan, kedaerahan dan diskriminasi berlatarbelakang suku, agama, ras dan antar golongan (SARA).

Dengan pelaksanaan kegiatan ini, semoga dapat memberikan pemahaman, kepada Jama’ah Khilafatul Muslimin khususnya dan masyarakat Lampung Timur umumnya. Serta dapat menguatkan rasa Nasionalisme atau rasa kebangsaan, sebagai bagian dari identitas dunia yang bermartabat.

“Menjaga serta memelihara persatuan dan kesatuan, untuk tetap tegaknya kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, yang wajib dijaga dari upaya-upaya pelemahan dan penguasaan oleh pihak lain,” tandasnya.

Ditambahkan nya, Dengan kegiatan ini pula, diharapkan agar Jama’ah Khilafatul Muslimin dapat memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila, serta dapat menumbuhkan nilai-nilai kebersamaan dan saling menghormati satu sama lain, dengan mengembangkan sikap toleransi dan pembauran antar seluruh elemen.

Maka, Dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila, akan terwujud kehidupan masyarakat Lampung Timur yang rukun, damai, solid dan harmonis, sehingga tercipta kondusifitas wilayah dan masyarakat, demi terwujudnya “Rakyat Lampung Timur Berjaya”. Tutupnya.

Hadir dalam acara tersebut, Bupati Lamtim M Dawan Rahardjo, Wakil Bupati Azwar Hadi, Setdakab Lamtim M Jusuf, Forkopimda, Asisten I, Bidang Pemerintahan dan Kesra, KaBag Kesatuan Bangsa dan Politik, Kasat Pol PP, Kadis PMD, Ketua MUI Lampung Timur, Ketua Nahdlatul Ulama Lampung Timur, Ketua Muhammadiyah Lampung Timur, Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forkopimcam Way Jepara, Kepala Desa Labuhan Ratu 1, Para Jama’ah Khilafatul Muslimin, Para Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat dan insan Pers. ($$)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *