Metro

Wali Kota Metro Panen Perdana Buah Melon Inthanon di Pondok Pesantren

Metro (SL) – Wali Kota Metro hadiri panen perdana buah Melon Inthanon di Green House Pondok Pesantren Daruk A’mal (PPDA) Kota Metro, Kelurahan Mulyojati, Metro Barat, Selasa (26/07/2022).

Wali Kota Metro Wahdi Sirajudin menyampaikan, bahwa penanaman buah melon oleh pihak PPDA tersebut, sangat bermanfaat, karena dapat menjadi edukasi para santri selain edukasi ilmu keagamaan. Selain itu, juga bisa menjadi sumber perekonomian PPDA.

Sementara Kepala Yayasan PPDA Kota Metro, Gus Kodrattulloh Sidiq K menjelaskan, pada panen perdana melon kali ini, menghasilkan lebih kurang empat kwintal melon Inthanon dari lahan seluas kurang lebih 7000 m².

“Ini melon jenis sultan ya, jadi tidak hanya harga saja yang dianggap sultan, memiliki kadar gula sebesar 15 Brix (Bx). Sementara, untuk buah melon biasa, hanya mengandung 9 Bx sampai 10 Bx. Di PPDA ini, selain menanam buah melon, juga menanam jagung di atas lahan 3 Ha.Kesemuanya ini, merupakan bentuk kemandirian PPDA di bidang Agro bisnis,”ungkapnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kementerian Agama Kota Metro, Muhammad Yusuf berpesan kepada para pengurus dan santri PPDA kota Metro, untuk tidak menghilangkan ataupun memudarkan kultur yang ada pada pondok pesantren yaitu kultur keagamaannya.

“Satu hal jangan lupa jangan tinggalkan kultur pesantren, boleh bercabang ke yang lain, tetapi tetap utamakan ilmu agama,”pungkasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *