Metro

Walikota Metro Hadiri Gerakan Tanam Pangan Keluarga

Metro SL — Walikota dan Wakil Walikota Metro hadiri Gerakan Tanam Pangan Keluarga (Gertapaga) cabai se-Kota Metro, Pasar Tani Agroceria dan Lomba Memasak Nasi Goreng dalam Rangka HUT ke-77 RI yang diselenggarakan oleh Kesbangpol dan Dinas KP3, di Lapangan Samber Park Jum’at (19/08/2022).

Pada kegiatan yang diawali dengan senam LLI tersebut Kepala DKP3 Hery Wiratno menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya kegiatan yakni untuk mengkampanyekan pangan B2SA (beragam, bergizi seimbang dana aman), karena tidak ada satupun bahan pangan yang benar-benar bisa mencukupi kebutuhan tubuh akan gizi seimbang, Pemanfaatan pekarangan juga merupakan salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk penanggulangan keluarga beresiko stunting, Merupakan upaya dalam menghadapi ancaman krisis pangan, Mewujudkan ketahanan pangan keluarga, Menjaga agar tidak terjadi inflasi.
.”Pemerintah Kota Metro bersama dengan TP PKK Kota Metro melaksanakan gertapaga di 22 kelurahan secara serentak dengan melibatkan kader PKK dan Kelompok Wanita Tani, yang selama ini telah bersama-sama mewujudkan pekarangan sebagai sumber pangan keluarga, adapun jumlah bibit yang didistribusikan di 22 kelurahan sebanyak 22.000 batang siap tanam, ” terangnya.

Sementara itu Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Kota Metro Lukman Hakim mengatakan bahwa pihaknya sudah bekerja sama dengan pihak bawang lanang untuk membukakan usaha bagi lansia, untuk itu Ia berharap Pemerintah Kota Metro dan BANK Indonesia juga dapat berkolaborasi dengan LLI Kota Metro.

Dalam hal ini Perwakilan BANK Indonesia (BI) Lampung Budiyono menyampaikan bahwa BI diberikan amanah dalam mendukung stabilitas ekonomi dan pengendalian inflansi yang sangatlah penting, untuk itu BI ingin menjaga agar kesejahteraan masyarakat tidak tergerus dengan harga-harga yang selalu naik, sebab jika tidak dijaga dan dikendalikan bersama maka tidak akan dapat mengendalikan pertumbuhan yang tinggi, maka dari itu gerakan pengendalian inflansi harus di terapkan.
Dilanjutkan dengan pemberian bantuan P2L, adapun bantuan-bantuan tersebut yakni terdiri dari kegiatan pekarangan lestari (P2L) tahap penumbuhan dan pengembangan.

Pada kesempatan yang sama Wahdi mengatakan kalau gertapaga ini bagian dari upaya pengendalian inflasi pangan, dengan kegiatan ini diharapkan sedikit banyak laju inflasi dapat dikendalikan karena cabai merupakan salah satu produk pangan yang menyebabkan terjadinya inflasi.

“Saya mengucapkan selamat kepada LLI Metro Pusat yang baru saja di lantik, saya juga berterimakasih kepada semua pihak yang terlibat dalam gertapaga pada hari ini, serta perwakilan BI yang sudah berkenan hadir di Kota yang kecil ini untuk melakukan Gerakan Tanam Pangan Keluarga, ” Pungkasnya.($$)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *