Lampung Utara

Dewan Pengurus Pusat PPAAL Sekinci Kinci Laksanakan Prosesi Cakak Besei

Lampung Utara (SL) – Dewan Pengurus Pusat (DPP) Perguruan Pencak Adat Asli Lampung (PPAAL) Sekinci Kinci,
Laksanakan giat kenaikan tingkat (Cakak Besei) sekaligus ucap sumpah bagi menjadi murid atau saudara baru di perguruan ini. Acara ini digelar di kediaman Guru Besar Hasbullah gelar Tuan Raja Marga Desa Pekurun Lampung Utara pada Jum’at malam (26/08/2022).

Kegiatan seperti ini merupakan tradisi yang biasa dilaksanakan disebuah perguruan ketika para murid telah dapat menyesuaikan ilmu silatnya, dan untuk menaiki tahapan yang lebih berat lagi,
sekaligus angkat sumpah para murid baru, yang telah menjadi saudara baru di Perguruan Pencak Adat Asli Lampung Sekinci Kinci.

Tentunya telah melalui tahapan, dan proses serta penilaian oleh para pelatih. Baik dari gerakan atau langkah, tangkisan, kecepatan dalam melumpuhkan lawan itu jadi penilaian.

Dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Dewan pengurus Wilayah (DPW) PPAAL Sekinci Kinci Provinsi Lampung Edy Handra mewakili Ketua DPW PPAAL Sekinci Kinci Provinsi Lampung Mawardi Harirama yang berhalangan hadir.

Dalam sambutannya mengatakan, bahwa, ini adalah suatu bentuk Perguruan Pencak Adat Asli Lampung Sekinci Kinci, yang harus terus dikembangkan, dilestarikan, dan harus terus kita wariskan pada generasi penerus, yang tentunya membawa nama Lampung hingga sampai ke nasional maupun juga internasional.

“Kita harus optimis, yakin dan percaya, dengan niat yang baik, segala urusan akan ada jalan dan dipermudah dalam langkah – langkah yang maksimal. Untuk itu, para murid Perguruan Pencak Adat Asli Lampung Sekinci – kinci harus bisa menjaga marwah ini dengan baik, jangan sampai membuat hal yang tidak pantas, baik dalam perguruan maupun ditengah masyarakat,”ujarnya.

Selanjutnya Edy juga mengatakan mendukung penuh untuk majunya Perguruan Pencak Adat Asli Lampung Sekinci Kinci. Dirinya berharap semoga hadirnya Sekinci Kinci dapat diterima dengan baik oleh masyarakat, dan menjadi ragam dalam dunia persilatan kita di Indonesia.

Sementara Guru Besar PPAAL Sekinci Kinci Hasbullah gelar Tuan Raja Marga berpesan agar ilmu yang didapat harus dijaga dengan baik. Pencak bukanlah ajang untuk kita bertindak semaunya sendiri, bukan pula untuk gagah – gagahan, tidak pula untuk disombongkan.

Melainkan ilmu pencak yang didapat, adalah warisan nenek moyang kita asli Lampung yang harus kita jaga dan pelihara. Agar sampai pada masa generasi – generasi yang akan datang, untuk membawa nama perguruan sekinci – kinci semakin harum, semakin baik di masyarakat.

“Untuk para murid yang telah menaiki tingkat, agar tetap rendah hati dan selalu terus berlatih. Karena jika ilmu yang didapat tidak pernah dilatih, akan lenyap dan hilang,”jelasnya.

Selain kegiatan kenaikan tingkat dan sumpah murid baru yang telah resmi menjadi saudara se Perguruan Pencak Adat Asli Lampung Sekinci Kinci. Guru Besar juga telah mengangkat dr. Josi harnos Ketua Ikatan dokter Indonesia provinsi Lampung ( IDI Lampung ) dan dr. Eriyan yang didaulat oleh guru besar menjadi Pembina dan Penasehat Perguruan Pencak Adat Asli Lampung Sekinci Kinci DPD Lampung Tengah yang di Ketuai  Ali Sadikin.

Selain Wakil Ketua DPW PPAAL Sekinci Kinci Provinsi Lampung, hadir pula Ketua PPAAL Sekinci Kinci DPD Kota Metro Fery Erica, Ketua PPAAL Sekinci Kinci DPD Lampung Tengah Ali Sadikin, juga para pelatih serta para murid dari berbagai gelanggang yang ada.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *