Lampung Tengah

Tingkatkan Kemampuan Anggota, PPWI Gelar Pelatihan Jurnalistik

Lamteng (SL) – Sebagai upaya meningkatkan kemampuan anggota, PPWI menggelar pelatihan Jurnalistik dengan menghadirkan narasumber Ketum PPWI. Acara dilaksanakan di Sekretariat DPC PPWI Lampung Tengah, jalan Simpang Mojopahit Gunung Sugih Kabupaten Lampung Tengah, Sabtu (10/12/2022).

Ketua Umum PPWI Pusat Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A. selaku narasumber mengatakan, bahwa sangat simple menjadi jurnalis, seperti dalam proses pencarian informasi, perlu dilakukan pencatatan hal-hal penting berkenaan dengan berita yang akan ditulis.

Pencatatan dapat dilakukan dengan prinsip 5W 1H yaitu What : peristiwa apa yang terjadi, Who: siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut, Where: di mana peristiwa tersebut terjadi, When: kapan peristiwa tersebut terjadi, Why: mengapa peristiwa tersebut terjadi, dan How: bagaimana proses terjadinya peristiwa.

Dikatakannya, untuk kali ini materi yang diberikan ke para peserta adalah penulisan cepat 150 kata dalam waktu lima menit, dan untuk hasil penulisan peserta pelatihan, Wilson Lalengke meminta kepada narasumber pendamping Husni Alholik, S.H. untuk dapat mengoreksinya.

“Saya minta kepada narasumber pendamping untuk mengoreksi hasil pelatihan ini,” ungkap pria yang merupakan Alumni Lemhannas RI, PPRA-48.

Sementara, narasumber pendamping Husni Alholik, S.H. yang juga selaku Sekretaris DPC PPWI Kota Metro saat di hubungi Via WhatsApp menyampaikan, pada dasarnya. para peserta pelatihan sudah cukup lumayan dalam penulisan berita. Namun kurang fokus saja, sehingga isi dari berita yang dimaksudkan menjadi kurang jelas.

“Isi berita yang mereka buat seharusnya tentang pelatihan bagaimana menulis cepat 150 kata dalam waktu 5 menit, bukan hanya subyek, suasana, serta tempat pelatihan saja yang ditulis,” ujarnya.

Lebih lanjut Holik mengatakan, semestinya isi berita itu tentang bagaimana menulis cepat 150 kata dalam waktu 5 menit, itu yang perlu dijelaskan, dan dirinya berharap kedepan dapat lebih baik lagi.

“Saya berharap dengan pelatihan Jurnalistik PPWI ini, dapat menambah kemampuan menulis berita bagi anggota PPWI,”jelasnya.

Selain Ketua Umum (Ketum) PPWI Pusat Wilson Lalengke, S.Pd., M.Sc., M.A. hadir pula pada acara tersebut Ketua DPC PPWI Lampung Tengah Husin Muktar, Ketua DPC PPWI Lampung timur Sofyanto, Sekretaris DPC PPWI Kota Metro Husni Alholik S.H dan beberapa Anggota PPWI Kabupaten Kota Se-Lampung, Purn Polri Sulaiman dan Baharuddin. (Ema)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *