Metro


Dengan SSK Sekda Harapkan Peningkatan Kualitas SDM

Kota Metro (SL) – Sekda Kota Metro Ir. Bangkit Haryo Utomo M.T. hadiri kegiatan pencanangan dan sosialisasi Sekolah Siaga Kependudukan (SSK) / perguruan tinggi peduli kependudukan (PTPK) tahun 2022, yang diselenggarakan oleh Dinas PPPA-PPKB, di Aula Pemda Kota Metro, Selasa (13/12/2022).

Sekda Kota Metro Ir.Bangkit Haryo Utomo, M.T. saat membacakan sambutan Walikota Metro menyampaikan tingginya jumlah penduduk usia produktif di Kota Metro sangat membantu penguatan program dan kegiatan yang menunjang kualitas Sumberdaya Manusia Usia Produktif sehingga generasi muda siap untuk mengemban tanggung jawab dan siap bersaing dikancah lokal, nasional maupun internasional. Oleh karenanya, Generasi Muda harus terus didorong untuk menjadi Generasi dengan SDM yang berkualitas yaitu generasi yang bebas dari Resiko Stunting.

“Untuk itu Pemerintah Kota Metro telah menyiapkan Seperangkat Disain Pembangunan yang berbasis pada upaya penyiapan Sumber Daya Manusia yang tangguh dan menjadi Generasi Emas Metro Cemerlang (Gemerlang) yang tertera pada desaign JAMA-PAI (Jaringan Masyarakat Peduli Anak dan Ibu) yang memiliki 7 pilar.

“Semoga Keselarasan program Pemerintah Kota Metro dan masyarakat dalam berbagai lini pembangunan semakin menyatu dan harapan kami, salah satunya melalui kegiatan Pencanangan dan sosialisasi ini akan lebih mendorong gerakan Sekolah Siaga Kependudukan maupun Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan di Kota Metro pendudukan, lebih maju dan lebih terasa kebermanfaatanya bagi Kota Metro, ” ujarnya.

Pada kegiatan yang sama, Direktur Program Kerjasama Pendidikan Kependudukan BKKBN RI Edi Setiawan dalam paparannya mengatakan, dalam rangka meningkatkan kepedulian masyarakat terkait isu kependudukan, Ditpenduk mengembangkan strategi pendidikan kependudukan 3 jalur melalui jalur formal sangat potensial, karena dilaksanakan secara sistematis dan terstruktur. SSK merupakan pengintegrasian materi kependudukan kedalam kegiatan pembelajaran dan kesiswaan, yang pada prinsipnya tidak menambah beban guru karena tidak menambah jam pelajaran dan menyesuaikan dengan kurikulum yang sedang berjalan.


Adapun sosialisasi dan orientasi materi kependudukan kepada para guru ini sangat penting untuk menunjang dan meningkatkan kualitas pelaksanaan SSK, dimana Ditpenduk mengembangkan klasifikasi terdaftar, dasar, dan paripurna dalam upaya memberikan apresiasi kepada SSK paripuma terbaik, maka Ditpenduk melaksanakan lomba SSK paripurna, dengan kategori SMP/sederajat, SMA/sederajat dan pengelola SSK (Dikbud/Kanwil Kemenag).

“Saya ucapkan selamat, dan sangat mengapresiasi segala daya upaya yang telah diusahakan oleh OPDKB serta Disdik Kota Metro sehingga SSK SMPN 1 Kota Metro dapat berkembang dengan cukup baik, sehingga dapat bersaing dengan 209 SSK paripurna dari seluruh Indonesia. Harapannya dapat menjadi motivator bagi sekolah lainnya, khususnya di Kota Metro, ” ucapnya.

Dilanjutkan dengan pencanangan SSK serta pemberian apresiasi SSK paripurna terbaik tingkat regional dan nasional, dan pemberian hibah kepada 7 SSK Kota Metro yaitu, SMAN 1 Metro, SMP N 4 Metro, SMP Muhammadiyah Ahmad Dahlan, SMP Pondok Pesantren Raoudhotul Qur’an, Madrasah Aliyah Negeri 1 Metro, SMPN 1 Metro, dan SMK Muhammadiyah 1 Metro, berupa dana stimulant sebesar Rp. 2.000.000 (Dua Juta Rupiah).

Dalam kesempatan tersebut Plt. Kadis PPPA-PPKB Wahyuningsih menjelaskan tujuan diadakannya kegiatan, yakni untuk memperkuat kerjasama pendidikan kependudukan di Kota Metro, serta memberikan pengetahuan kepada masyarakat di lingkungan sekolah maupun institusi pendidikan dan masyarakat luas untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui program Kerjasama Pendidikan Kependudukan.

“Saya melaporkan peserta sosialisasi pasa hari ini berjumlah 60 orang, yang terdiri dari 30 orang perwakilan dari Pihak Lembaga Pendidikan ( Rektor/Ketua Perguruan Tinggi atau Kepala Sekolah), dan 30 orang perwakilan Penanggung Jawab Teknis Implementasi Sekolah Siaga Kependudukan dan Perguruan Tinggi Peduli Kependudukan, serta peserta penerima hibah sekolah siaga kependudukan di Kota Metro,” terangnya.(Ema)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *