Metro

Pemkot Metro Akan Realisasikan Kompensasi Warga Terdampak PAS-ILT Karang Rejo

Kota Metro (SL) – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro akan memberikan kompensasi kepada warga disekitar Pembuangan Akhir Sampah dan Instalasi Lumpur Tinja (PAS-ILT) Karangrejo yang benar-benar terdampak dari tempat pembuangan sampah tersebut.

Wali Kota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, bahwa Pemkot Metro tidak akan tutup mata dengan kondisi warga disekitar PAS-ILT Karangrejo. Karena itu, pemerintah akan memperhatikan warga yang terdampak.

“Pastinya kita tidak akan tutup mata ya dengan warga disekitar PAS-ILT Karangrejo. Nanti bagi warga yang benar-benar terdampak PAS-ILT itu akan kita perhatikan,” kata dia saat dikonfirmasi, Rabu (14/12/2022).

Menurut Wahdi, perhatian yang akan diberikan salah satunya, yakni pemberian jaminan kesehatan atau pemulihan biaya kesehatan kepada warga yang benar-benar terdampak oleh PAS-ILT Karangrejo.

“Jadi tidak pernah terbersit sedikitpun niatan Pemkot Metro untuk mengabaikan dan melalaikan masyarakat disana,” katanya.

Wahdi juga menjelaskan, bahwa Pemkot Metro kedepan juga akan merevitalisasi PAS-ILT Karangrejo. Ini, agar warga yang berada disekitarnya tidak akan merasakan dampak buruk dari PAS-ILT tersebut.

Lanjutnya, sudah mulai dilakukan pembangunan infrastruktur jalan dan drainase di wilayah sekitar PAS-ILT Karangrejo.

“Pemerintah tidak akan memberikan janji-janji namun akan melakukan aksi langsung secepatnya,” tegasnya.

Ia menuturkan, semua hal tersebut dilakukan karena selaras dengan keinginannya untuk mewujudkan Kota Metro sebagai kota zero waste atau bebas sampah.

Lebih lanjut Wahdi mengatakan, bahwa upaya tersebut tidak akan berhasil tanpa dukungan masyarakat, karena itu dirinya meminta agar masyarakat berperan aktif untuk mengurangi sampah yang masuk ke PAS-ILT.

“Karena itu saya mengajak masyarakat untuk menggunakan mengurangi produk sekali pakai dengan lebih bijak demi mengurangi jumlah dan dampak buruk dari sampah,”katanya.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *