Nasional

SMSI Kota Metro Ikuti Perhelatan HPN 2023 di Medan

Medan SL – Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kota Metro, menghadiri undangan pada puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 di Kota Medan, Sumatra Utara, di GSG Provinsi setempat, Kamis 9/2/2023.

Kegiatan tahunan yang diselenggarakan itu, disambut antusias para jurnalis dan organisasi pers perwakilan dari seluruh Provinsi di Indonesia.

Hari Pers Nasional di Provinsi Sumut itu juga, turut hadir SMSI Kota Metro, Lampung bersama rombongan. Ketua SMSI Kota Metro Ali Imron saat dikonfirmasi di perhelatan HPN Kota Medan Sumatra Utara menyampaikan, kondisi pers di Indonesia saat ini sedang tidak baik-baik saja.

“Seperti apa yang disampaikan Presiden RI Joko Widodo, kondisi dunia pers saat ini sedang tidak baik-baik saja. Hal itu disebabkan masih terbelenggunya ke bebasan Pers, dimana disejumlah daerah di Indonesia, masih terdapat kekerasan terhadap pers. Terakhir insiden penembakan mantan Ketua SMSI Bengkulu, Dr. Rahimandani pada 3 Februari 2023 lalu,” Kata Ali Imron Muslim kepada media

Ali Imron juga berharap, Hari Pers Nasional sebaiknya menjadi momen, bagi organisasi pers menekan Pemerintah agar menyelesaikan kasus kekerasan hingga kriminalisasi terhadap pers.

“Maraknya kekerasan dan kriminalisasi terhadap pers selain karena minimnya sosialisasi terhadap UU Pokok Pers, juga akibat keengganan aparat penegak hukum menjerat pelaku yang mengintimidasi kerja jurnalistik. Selain itu keberadaan UU Pokok Pers Nomor 40 Tahun 1999 seolah tanpa kekuatan hukum yang melindungi produk dari kerja jurnalistik.
Berita yang disajikan pada media Siber marak dijerat melalui pasal 27 UU ITE. Sebaiknya multi tafsir UU ITE yang menjadi momok bagi wartawan Siber menjadi perhatian Pemerintah. Demi menjaga sistem demokrasi yang sehat, menjadi keharusan bagi pemerintah pusat untuk merawat kebebasan dan independensi pers. Karena pers adalah persenjataan utama dalam melindungi sistem demokrasi di Indonesia, dari otoriterisme hingga totaliterisme,” tegasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *