Metro

Menteri Perdagangan RI Tinjau Harga Kebutuhan Pokok Kota Metro

Sai Lampung (Metro) – Menteri Perdagangan Republik Indonesia (Mendag-RI) Zulkifli Hasan, meninjau harga dan pasokan barang kebutuhan pokok di pasar Kopindo, Kota Metro, Provinsi Lampung, Kamis (13/04/2023) pagi. Disambut langsung oleh Walikota Metro dan Wakil Walikota Metro, Sekda, Forkopimda beserta jajaran OPD Kota Metro.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan mengatakan, bahwa pusat penghasil bawang ada di daerah Jawa Tengah, maka ada terdapat perbedaan harga antara Jawa Tengah dengan Kota Metro.

“Jadi pusat penghasilan bawang itu ada di Jawa Tengah. Makanya kalo bawang di Jawa Tengah, terdapat perbedaan harga di Lampung. Untuk harga bawang di Jawa Tengah Rp 26 ribu. Sedangkan untuk di Kota Metro Lampung ini Rp 30 Ribu hal ini wajar karena ongkos kirim,” ujar Zulkifli Hasan.

Lanjut Zulkifli, bahwa biasanya bila mendekati Hari Raya atau Lebaran seperti tahun lalu naik, ini dekat Lebaran turun. “Untuk harga daging Rp. 140.000 ribu, ini cuma Rp 130.000, ayam potong biasanya Rp. 37.000 ini cuma Rp 32.000, telur biasanya Rp. 32.000 ini cuma Rp 28.000 dan bawang merah biasanya Rp 45.000 – 50.000 disini cuma Rp 30.000,” ungkapnya.

Zulkifli Hasan juga meminta masyarakat untuk tidak perlu takut dan khawatir, karena pihaknya telah menjamin stok bahan pokok hingga Lebaran mencukupi.

“Masyarakat kapan aja bisa belanja ke pasar dan tidak usah menyerbu pasar. Stok banyak, beli saja seperlunya saja,” Imbau Menteri Perdagangan RI.

Selain itu, Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI juga memastikan stok cadangan beras mencukupi. Bahkan Pemerintah sedang menyalurkan beras untuk 27 juta rakyat miskin per/orang mendapatkan 10 Kg beras.

“Jadi kalo beras tidak usah khawatir, cadangan beras banyak kita,”jelasnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *