Metro

GOW Kota Metro Gelar Seminar Parenting Spesial Hari Kartini

Sai Lampung Metro – Lanjutkan peran Kartini Masa Kini, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se-Kota Metro menyelenggarakan Seminar Parenting spesial Hari Kartini dengan tema “Mendidik Anak Menjadi Anak yang Kuat, Tangguh, dan Berkarakter” di aula Pemerintah Kota Metro pada Kamis, (04/05/2023).

Seminar yang diikuti oleh seluruh organisasi wanita yang ada di Kota Metro ini sengaja diselenggarakan dalam rangka masih memperingati Hari Kartini ke-144 yang jatuh pada tanggal 21 April tahun 2023.

Kegiatan ini merupakan program rutin tahunan Kota Metro yang diselenggarakan untuk menghargai jasa Raden Ajeng Kartini sebagai pelopor perjuangan emansipasi wanita dan memompa kembali semangat wanita masa kini untuk berperan aktif dalam membangun Kota Metro.

Novika, selaku Ketua Penyelenggara menyatakan bahwa seminar dengan tema “Mendidik Anak Menjadi Anak yang Kuat, Tangguh, dan Berkarakter” ini sudah selayaknya menjadi topik diskusi utama seluruh organisasi wanita mengingat semakin melejitnya fenomena kekerasan maupun perundungan pada anak dan perempuan yang terjadi di Indonesia.

“Tema ini juga sebagai bentuk dukungan kita dalam membantu mewujudkan visi misi Pemerintah Kota Metro, yaitu membentuk Kota Metro yang berpendidikan, sehat, sejahtera dan berbudaya. Serta merupakan salah satu andil dari Gabungan Organisasi Wanita (GOW) se-Kota Metro dalam mendukung cita-cita Pemerintah Kota Metro untuk menciptakan regenerasi emas yang cemerlang,” jelas Novika.

Di samping itu, Penasehat Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Metro, Silfia Naharani menjelaskan makna penting di balik lahirnya peringatan Hari Kartini maupun terselenggaranya Seminar ini. Tak hanya sebagai penghormatan terhadap jasa Raden Ajeng Kartini namun terciptanya acara ini adalah untuk mengingatkan kembali bahwa dalam tubuh setiap wanita telah bersemayam jiwa Kartini yang tak sudi jika haknya ternistakan hanya karena persoalan gender yang tak tersetarakan.

“Tentunya kita tahu dengan jelas bagaimana perjuangan Raden Ajeng Kartini dalam memperjuangkan emansipasi wanita. Beliau berfkir bagaimana perempuan harus memiliki hak yang sama dalam belajar dan bergerak maju. Kita memiliki hak yang sama. Apalagi di Kota Metro ini kesempatan terbuka luas bagi kaum wanita untuk aktif bergerak. Mari kesempatan ini kita maksimalkan dan terus belajar,” kata Silfia.

Silfia Naharani juga menyebutkan, makna dari pendidikan bukanlah hanya sebatas tekun belajar namun juga tentang menambah wawasan dan pengetahuan di manapun para wanita memijakkan kaki.

“Mari kita lanjutkan perjuangan ibu kita menjadi Kartini masa kini. Terus semangat dan bergerak menjadi wanita pelopor pembangunan. Melalui kita, para wanita, kita jadikan anak-anak kita tumbuh menjadi regenerasi emas yang gemilang di masa mendatang,” tambah Silfia Naharani. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *