Metro

Pemkot Metro Berikan Pembekalan Bagi 304 Calon Jemaah Haji

SAI LAMPUNG (METRO) — Pemerintah Kota (Pemkot) Metro memberikan pembekalan atau manasik haji terhadap 304 calon jamaah asal Bumi Sai Wawai.

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin mengatakan, dengan diberikan pelatihan tentang pelaksanaan ibadah haji secara menyeluruh, calon jamaah diminta bisa memahami akan hal tersebut.

“Alhamdulillah kita sudah memasuki tahap ini. Itu artinya, para calon jamaah harus bisa memahami setiap kegiatan yang akan dilakukan di tanah suci,” kata dia saat membuka manasik haji di Masjid Agung Taqwa Metro, Rabu, 10 Mei 2023.

Dia menambahkan, dalam pemberangkatan haji di tahun 2023 ini, Metro memberangkatkan sebanyak 304 calon jamaah haji.

“Kuota kita ada 315, namun yang mengikuti manasik ini ada 304, dimana ada sebagian calon jamaah yang belum menyelesaikan BPIH. Itu data yang saya terima dari Kemenag,” tambahnya.

“Dalam hal ini, kita ada satu calon jamaah termuda yang masih berusia 22 tahun. Kemudian, ada juga yang sudah menginjak usia 80 tahun. Tadi saya sudah berbincang dengan beliau, Alhamdulillah masih dalam keadaan kesehatan yang terjaga,” lanjutnya.

Selain itu, Pemkot Metro juga telah membantu beban dari Jamaah berupa ongkos transport daerah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor (Kakan) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Metro, Jamaludin mengatakan, saat ini kondisi para calon jamaah terpantau sehat dan bugar.

“Kondisinya sampai hari ini sudah sehat segar. Sebelum memasuki tahap ini juga, kita sudah melakukan cek kesehatan bagi para calon jamaah,” kata dia.

Selain itu, dia juga memberikan pembekalan edukasi dimana para calon jamaah harus bisa beradaptasi dengan lingkungan di tanah suci.

“Perlu dipahami juga kondisi udara yang memang perlu adaptasi akan hal itu. Tapi yang jelas, kita sudah mempersiapkan itu semua,” pungkasnya.(Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *