Metro

Pemkot Laksanakan Giat Aksi Bergizi Guna Tekan Kasus Anemia

Sailampung.com (Metro) – Pemerintah Kota Metro melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat menggelar kegiatan bertajuk “Aksi Bergizi” di halaman Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 setempat, Rabu, 14/06/2023.

Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin mengatakan, bahwa kegiatan itu bertujuan menekan angka kasus terjangkitnya penyakit anemia, khususnya bagi remaja putri di Bumi Sai Wawai. Menurutnya, pemerintah telah melakukan berbagai cara guna menyosialisasikan pendidikan gizi seimbang.

“Jadi, kita berupaya mengurangi permasalahan anemia yang dialami remaja putri. Riset Kesehatan Dasar atau Riskesdas pada tahun 2018 itu menunjukkan prevalensi anemia pada anak usia 5-14 tahun sebesar 32 persen. Nah itu kan artinya, 3 dari 10 anak di Indonesia ini mengalami anemia,” kata Wahdi.

Lanjutnya, bahwa pendidikan gizi seimbang juga telah kami lakukan, seperti misalnya memberikan tablet penambah darah atau fortifikasi pangan.

Dijelaskannya, hasil Riskesdas pada tahun 2018 menunjukkan bahwa proporsi remaja putri yang memperoleh tablet tambah darah dalam 12 bulan terakhir di sekolah itu sebesar 76,2 persen. Akan tetapi, faktanya hanya 1,4 persen yang mengkonsumsi sesuai anjuran. Padahal, hal itu penting dilakukan, mengingat wanita secara rutin akan kehilangan sebagian darahnya pada saat menstruasi.

“Kita banyak lihat remaja putri kita yang anemia. Oleh sebab itu, dalam gerakan aksi gizi ini kita lakukan edukasi juga. Guna meminimalisir remaja putri yang tidak disiplin minum obat penambah darah,” jelasnya.(Ema)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *