Metro

Tingkatkan Perekonomian, Pemkot Janji Fasilitasi Event Burung di Metro

Sailampung.com (METRO) – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro berjanji untuk memfasilitasi setiap pelaksanaan event burung di Bumi Sai Wawai. Hal tersebut sebagai upaya meningkatkan roda perekonomian masyarakat lewat pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Bangkit Haryo Utomo menerangkan, bahwa pihaknya mengapresiasi event kicau mania perdana di Kota setempat pasca Covid-19.

“Kami mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Mito bersatu ini, ini dikemas dalam piala dari Kajari Metro yang merupakan event pertama digelar di lapangan samber. Bentuk dukungan pemerintah adalah bahwa kita sama-sama mengetahui kalau kicau burung ini penggemarnya sangat banyak sekali,” kata dia kepada awak media, Minggu (30/7/2023).

Lanjut Bangkit, bahwa hari ini dibuka ada yang dari Banten ada pula yang dari Sumatera Selatan kemudian di Metro sendiri dan seluruh Provinsi Lampung. Dukungan dari pemerintah bahwa kita bekerjasama untuk menyiapkan lokasi yang mana lokasi di lapangan samber ini dipilih oleh Metro Bersatu.

Sekda menilai, event tersebut dapat menjadi salah satu cara menumbuhkan roda ekonomi masyarakat. Pihaknya juga berjanji akan memfasilitasi setiap gelaran event burung kicau di Metro.

“Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk menumbuhkan roda perekonomian, tidak menutup kemungkinan saat lomba pesertanya banyak dan kulinernya sudah kita siapkan semua di sini. Itulah bentuk dukungan dari kami,” ucapnya.

Ke depannya akan terus kami tingkatkan kegiatan-kegiatan seperti ini, dan mudah-mudahan bisa seterusnya bahkan bisa dibuat menjadi agenda tahunan yang mana lokasinya keliling di kota Metro juga sebagai upaya meningkatkan ekonomi kreatif di kota Metro.

Tak hanya itu, Bangkit juga memastikan setiap event kicau mania di Kota Metro bakal mendapat dukungan dari pemerintah khususnya keamanan selama pelaksanaan kegiatan.

“Metro ini kan terkenal kondisi keamanan dan kenyamanannya, diharapkan lokasi di manapun mudah-mudahan di Metro berlangsung aman. Hari ini diuji coba di lapangan samber dan ini sangat ramai sekali,” bebernya.

Kondisi sangat kondusif sekali dan ini didukung oleh Dishub dan Satpol-PP untuk menjaga keamanan disini. “Ke depan kegiatan-kegiatan seperti ini akan terus kita fasilitasi karena pemerintah harus memberikan dukungan kepada masyarakat dan dunia usaha, kita sama-sama,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua Perkumpulan Kicau Mania Metro (PKMM) atau yang lebih dikenal Metro Bersatu, Aan Supriadi menjelaskan bahwa terdapat ribuan peserta yang mengikuti event tersebut.

Sampai dengan hari ini sudah ada yang 1.700 lebih yang melakukan registrasi. Dalam event Ini hadiah utamanya adalah satu buah sepeda motor Honda Beat, dan lost yang artinya berapapun peserta tetap akan kita keluarkan hadiah motor itu. Hadiah lainnya juga ada itu dalam bentuk piala piagam dan uang pembinaan.

“Yang sudah terkonfirmasi paling jauh itu dari Palembang, Kemudian dari Banten. Alhamdulillah kalau soal kendala pasti ada sedikit-sedikit tapi semua dapat teratasi. Insya Allah kegiatan ini berjalan kondusif dibantu keamanan dari pihak TNI, Kapolres dan pemerintah daerah,” katanya.

Usai piala Kejari Metro, pihaknya bakal menggelar piala Walikota Metro hingga piala Dandim 0411/KM. Ia juga meyakinkan masyarakat bahwa setiap event kicau mania yang digelar di Kota Metro bakal didukung oleh pemerintah Kota setempat.

“Rencananya dalam waktu dekat kita juga akan menggelar Walikota Cup, Kapolres Cup dan Dandim Cup. Itu mungkin akan menjadi agenda tahunan Metro bersatu,” bebernya.

Pemerintah daerah telah memberikan dukungan yang sangat baik, kita menargetkan ke depan event yang akan kita gelar dapat diikuti peserta yang lebih banyak lagi supaya kita juga bisa mengenalkan potensi yang ada di kota Metro, agar orang luar tahu bagaimana kondisi kota metro ini dan tentunya ini upaya untuk meningkatkan perekonomian UMKM di Metro.

Diketahui, event kicau mania piala Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Metro yang digelar PKMM Metro Bersatu merupakan rangkaian dari peringatan Hari Bhakti Adiyaksa (HBA) tahun 2023. (Ema)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *