Metro

Infrastruktur Jadi Indikator Penting Dalam Peningkatan Perekonomian

Sailampung.com (Metro) – Walikota Metro, Wahdi Siradjuddin menyebut infrastruktur jalan berkualitas jadi indikator penting dalam upaya peningkatan perekonomian dan menunjang akses pendidikan yang baik bagi masyarakat.

Dia berspekulasi, jika kondisi jalan prima, maka mobilitas masyarakat akan lebih mudah, hal itu secara otomatis menunjang aktivitas kerja dan pendidikan.

“Iya kalau jalanan itu bagus, maka perekonomian masyarakat juga akan bagus. Kemudian, akses untuk anak sekolah juga lancar. Jadi, kualitas infrastruktur itu sangat penting,” kata Wahdi, usai meninjau pembangunan Jalan Sutan Syahrir di wilayah Kecamatan Metro Timur, serta Jalan dr Sutomo dan kantor Kelurahan Hadimulyo Barat di Metro Pusat, Selasa (01/08/2023).

Lanjutnya, dari panjang total keseluruhan ruas jalan di Kota Metro yang sepanjang 568 kilometer, 80 persennya saat ini dalam kondisi baik dan layak. Kendati demikian, pembangunan dan peningkatan kualitas jalan tetap harus digelar.

“Pembangunan jalan tetap harus dilakukan, kualitas jalan juga harus ditingkatkan. Karena itu tadi, kualitas infrastruktur itu sangat penting. Untuk pembangunan jalan tahun 2023 ini akan segera dimulai dan akhir tahun nanti diharapkan sudah selesai dengan kualitas yang bagus,” jelasnya.

Wahdi menegaskan, proyek peningkatan kualitas infrastruktur jalan harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, agar konstruksi yang terbentuk semakin kokoh dan bertahan lama.

“Pembangunan jalan itu harus baik, jalan juga harus awet. Jadi, kita juga harus bisa bedakan mana jalan yang harus dibangun dengan rigid, mana yang overlayer,” cetusnya.

Berdasarkan catatan awak media, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kota Metro, Robby Kurniawan Saputra pernah menyebut bahwa sebagian besar konstruksi infrastruktur di Jalan dr Sutomo bakal dilakukan di-rigid, atau cor beton.

“Kalau di jalan Sutomo itu mayoritas bakal dibeton itu nanti, ada juga yang overlay juga nanti, cuma lebih banyak betonnya, rigid ya. Itu kita sudah kontrak dua minggu yang lalu, ya dalam minggu ini lah mereka sudah gelar di lapangan,” kata Robby, saat diwawancarai awak media usai menghadiri acara Silaturahmi Gubernur Lampung di GSA-BSW pekan lalu.

Tidak hanya itu, pekerjaan rehabilitasi infrastruktur jalan juga disebut Robby, nantinya bakal menyasar sejumlah ruas jalan di lingkungan permukiman masyarakat.

“Ya kalau pekerjaan jalan di lingkungan, itu nanti juga bakalan ada, cuma saya lupa di mana saja. Pokoknya itu ada juga lah nanti,” pungkasnya. (Ema)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *