Metro

Gubernur Lampung Resmikan Rumah Sakit Hewan Kota Metro

METRO, Sailampung.com – Gubernur Lampung Arinal Djunaedi meresmikan rumah sakit hewan (RSH) Kota Metro. RSH ini, merupakan yang pertama dan satu-satunya di Provinsi Lampung yang layak untuk menjadi rujukan kesehatan hewan bagi kabupeten kota lain.

“Jadi, rumah sakit hewan ini merupakan rumah sakit pertama yang ada di Lampung yang telah diinisiasi oleh Wali Kota. Tentu, saya sangat senang sekali, karena nantinya ada perhatian terhadap hewan, baik ternak ataupun hewan peliharaan,” ujar Gubernur Lampung, Arinal Djunaedi, Selasa (27/02/2024).

Menurutnya, kedepan adanya RSH Kota Metro nantinya tidak hanya merawat hewan melata seperti kucing dan kelinci saja. Melainkan, mampu melayani kesehatan hewan lainnya.

Bahkan, jangkauan pelayanannya bisa diperluas bukan hanya untuk masyarakat Kota Metro saja, tetapi bisa untuk daerah lainya.

“Nah, nanti kesehatan hewan lainnya bisa diperhatikan. Dokter juga harus mampu memberikan pelayanan mendatangi ke masyarakat. Apalagi, Metro ini merupakan kota rujukan dari berbagai kota dan kabupaten. Baik dari sektor pendidikan, kesehatan dan ekonomi. Semua bergeliat di Metro,” ungkapnya.

Wali Kota Metro, Wahdi Sirajuddin mengatakan, Metro ini merupakan Pusat Kegiatan Wilayah (PKW). Maka, perlunya peningkatan sarana dan prasarana mulai dari pendidikan, kesehatan hingga ekonomi.

“Tentu, terciptanya inisiasi rumah sakit hewan karena melihat Puskeswan kita dengan pasien yang cukup besar dan beberapa kajian lainnya. Alhamdulillah Pak Gubernur datang dan ini sangat tepat sekali karena Metro ini merupakan daerah penyangga dari beberapa daerah,” kata dia.

Dia menjelaskan, dalam menjalankan tugas di rumah sakit hewan ini, terdapat sembilan dokter hewan dan 2 PPPK yang siap memberikan pelayanan bagi masyarakat yang membutuhkan.

“Selain itu, tentu, nanti akan ada kerjasama dari pihak-pihak lain untuk meningkatkan kualitas pelayanan di rumah sakit hewan. Apalagi pak Gubernur sangat mensuport berdiri nya fungsi rumah sakit ini,” jelasnya.

“Terlebih di tahun 2028 nanti, yang rencananya Lampung akan menjadi tuan rumah PON. Dimana, salah satu syarat nya di Lampung harus ada rumah sakit hewan, dan kita sudah terlaksana. Maka kita mendukung sinergi dari Provinsi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Rumah Sakit Hewan, drh. Vita Maharjanti menyebut, penanganan yang ada di rumah sakit hewan ini nantinya ada pemeriksaan klinis, pemeriksaan laboratorium dan rawat inap.

“Nah, disini juga ada pet hotelnya dan ground juga. Apalagi kita dilengkapi oleh 9 dokter hewan dan 2 PPPK. Insyaallah kita sudah bisa memberikan pelayanan yang prima,” pungkasnya. (ADV)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *