Metro

Gelar Rapat Pleno DPD NasDem Kota Metro Ajukan Nama Balonkada ke DPW NasDem Lampung

Metro (SL) – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai NasDem Kota Metro, sudah selesai melakukan pendaftaran penjaringan calon walikota dan calon wakil walikota Metro dari tanggal 01 Mei sampai dengan 07 Mei 2024.

Para pengurus DPD beserta Tim 5 Penjaringan terus mempersiapkan diri menuju Pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 mendatang. Dengan mengajukan beberapa nama yang bakal diusung menjadi bakal calon walikota dan wakil walikota Kota Metro.

“Hari ini kami mengadakan rapat pleno, juga dihadiri oleh Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Provinsi Lampung, selaku perwakilan DPW kakak Garinca, untuk membahas kelayakan administrasi para kandidat. Serta didamping oleh Tim 5 Pantia Penjaringan. Setelah dianggap lengkap secara administrasi. Kami akan mengajukan beberapa nama tersebut, ke DPW Partai NasDem Lampung untuk balonkada Metro 2024,” kata Ketua DPD NasDem Kota Metro, H. Abdulhak, SH.MM. Rabu (08/05/2024).

Dia mengatakan sejumlah nama yang diusulkan ke DPW NasDem. Diantaranya, untuk walikota adalah dr.H.Wahdi Siradjuddin.Sp OG (K), MH. (Petahana walikota Metro) H.Tondi Muammar Gaddafi Nasution.S.T. (Ketua DPRD Kota Metro).

Selanjutnya dr.Achmad Redho Akbar (Sekretaris DinKes Kota Metro) mengambil dua formulir untuk walikota dan wakil walikota Metro. Selain itu wakil walikota, Drs H. Qomaru Zaman, MA (wakil walikota Metro) ikut juga mengambil formulir pendaftaran.

Lebih jauh dia menuturkan, sesuai aturan internal Partai NasDem, DPD sifatnya hanya mengajukan sejumlah nama-nama ke DPW. Sementara itu, untuk penetapan siapa yang bakal diusung merupakan kewenangan DPP mengeluarkan surat rekomendasinya.

“Tapi, hendaknya sebelum proses penetapan calon yang direkomendasikan oleh DPP. Seharusnya juga berkoordinasi dengan DPD. Karena kami sangat mengenal baik figur yang bersangkutan dan potensial untuk menang,”ujar anggota DPRD terkenal vokal ini.

Sementara itu perwakilan dari pengurus DPW Partai NasDem Lampung yang diwakili oleh H.Garinca Pahlevi. Dia mengatakan setelah selesai pleno DPD ini, pihaknya secara resmi mengajukan nama ke DPP

“Kita tinggal menunggu saja keputusannya. Karena setelah adanya pengajuan nama, biasanya dilakukan survei, yang dilakukan oleh DPP. Ini upaya mencari bakal calon kepala daerah yang potensial untuk menang,” paparnya lagi

“Tentu kita akan lihat hasil surveinya, seberapa jauh popularitasnya di masyarakat di Metro,”ujarnya lagi

Dia mengatakan rekomendasi Pilkada 2024 sepenuhnya kewenangan DPP Partai NasDem. Kita hanya menjaring dan mengusulkan untuk dibawa ke pusat. Sambil menunggu turunnya rekomendasi. DPD NasDem Kota Metro, harus terus merapatkan barisan. Kita perkuat konsolidasi antar sesama kader dan simpatisan yang selama ini cukup terbina baik di Kota Metro ini.

Menambahkan lagi, Abduhak melihat perolehan 4 (Empat) kursi NasDem di DPRD Kota Metro ini, tidak mungkin maju sendiri, tapi harus berkoalisi dengan partai lain, untuk menggenapi dukungan lima kursi legislatif.

tentu saja akan mempertimbangkan sejumlah faktor. Selain harus koalisi, antar sesame partai juga akan dilihat popularitas figur yang bersangkutan di masyarakat. (Ema)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *