Lampung Timur

Bupati Lampung Timur Siap Swasembada Beras Penopang Ketahanan Pangan Nasional

Sailampung.com Lampungtimur – Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo menghadiri kegiatan Panen Raya yang diselenggarakan di Desa Teluk Dalem Kecamatan Mataram Baru, Jum’at (26/04/2024)

Hadir dalam kegitan tersebut Bupati Lampung Timur M Dawam Rahardjo, Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Tanaman Pangan Hortikultura dan perkebunan Tri Wibowo, Sekretaris dan Para Kabid DKPTPHB Lampung Timur.

kegiatan tersebut juga dihadiri Dirjen Hortikultura Kementrian Pertanian Republik Indonesia, Camat Mataram Baru serta Perwakilan dari Pupuk Indonesia, Korluh Pertanian SeKabupaten Lampung Timur dan Gapoktan Kecamatan Mataram Baru.

Bupati Dawam dalam kesempatan tersebut menyampaikan, kegiatan ini sebagai bentuk kesiapan Kabupaten Lampung Timur sebagai swasembada beras penopang Ketahanan Pangan Nasional.

“diketahui persawahan yang siap di panen seluas 152 hekter,

Lebih lanjut Bupati Dawam menyampaikan tentang pentingnya sinergitas antara Dinas Ketahanan Pangan TPHB dengan Stakeholder terkait

“dalam memberikan pelayanan kepada petani mulai dari penyediaan benih padi, penyediaan pupuk dan penanganan pasca panen” ucap Bupati Dawam

selain itu Bupati juga menyarankan Kepada Dinas Ketahanan Pangan TPHB untuk lebih aktif lagi menjemput bantuan-bantuan yang ada di Kementrian Pertanian.

“mengingat APBD Lampung Timur yang sangat terbatas sehingga perlu terobosan mencari bantuan dari berbagai pihak khususnya dari Kementrian Pertanian agar para petani jangan sampai ketinggalan dalam hal Alsintan dan pupuk pertanian”

Teknologi pertanian menjadi faktor kunci kesuksesan dalam pengolahan lahan pertanian.

Bupati Dawam juga memberikan bantuan Alsintan secara simbolis dari Kementrian Pertanian kepada 6 Kelompok Tani yang ada di Lampung Timur.

Mengawali Panen Raya Bupati Dawam Mencoba Secara Langsung pemanenan padi dengan menggunakan Combine Harvester. (Adv)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *